Bagaimana Cara SEO Hadapi Perubahan Algoritma?
Apa lagi yang harus saya lakukan untuk hadapi algoritma Google yang semakin kompleks?, pasti terbenak di hati anda mengenai pertanyaan ini. SEO merupakan industri yang cepat perkembangannya, hanya beberapa waktu berselang Google sudah update algoritmanya mulai dari Panda, Penguin, Hummingbird, dan yang terbaru sekarang Pigeon.
SEO semakin jauh bergeser untuk menerapkan strategi yang sebelumnya pernah dianggap baik, sulit sekali memang untuk mencari tahu persis mana yang bisa digunakan dan mana yang gagal, melihat formula algoritma yang bersifat rahasia. Pengalaman adalah metode terbaik mempelajari algoritma Google, dengan melakukan beberapa pengujian dan meneliti eksperimen anda, yang akhirnya memberikan sebuah kesimpulan mana formula yang lebih cocok untuk situs Masbro agar bisa berkompetisi di hasil pencarian Google.
Dibawah ini adalah beberapa tips untuk hadapi berbagai algoritma Google, agar Situs anda bebas dan terhindar dari pinalti Google.
Algoritma Google saat ini semakin akurat untuk tahu mana situs yang bersifat spamming dan mana situs yang bermanfaat untuk pengguna. Sebelum adanya algoritma Panda, konten yang memiliki kualitas rendah bisa mendapatkan peringkat yang tinggi.
Karena itu Google Panda diluncurkan, untuk memberantas habis situs – situs yang melakukan :
1. Content Farming : Sering sekali perusahaan yang memiliki banyak penulis, membuat konten yang ditujukan untuk mendapatkan pencarian populer, dengan kualitas mulai dari yang berkualitas tinggi sampai berkualitas rendah. Hindari melakukan ini, buatlah tulisan yang relevan kepada pengguna, konten yang memiliki kualitas tinggi kemungkinan lebih kuat dihasil pencarian.
2. Duplicate Content : Duplikat konten adalah konten yang muncul di internet lebih dari satu tempat ( URL ) baik di dalam situs sendiri ataupun ditempat lain. Ketika ada konten yang terlihat mirip membuat search engine sulit menentukan mana konten yang relevan.Matt Cutts menjelaskan dalam video ini kalau duplikat konten tidak mempengaruhi situs Masbro, kecuali itu bertujuan spam.
Dengan hadirnya duplikat konten, mesin pancari beresiko memberikan hasil pencarian yang kurang relevan, dan membuat pemilik situs mendapatkan kerugian pada menurunnya peringkat dan menurunnya traffic kunjungan. Saat duplikat konten ditemukan oleh Google crawler, algoritma akan menganalisis unsur-unsur lain yang membentuk situs anda, sebelum memberinya pinalti.
Dengan hadirnya duplikat konten, mesin pancari beresiko memberikan hasil pencarian yang kurang relevan, dan membuat pemilik situs mendapatkan kerugian pada menurunnya peringkat dan menurunnya traffic kunjungan. Saat duplikat konten ditemukan oleh Google crawler, algoritma akan menganalisis unsur-unsur lain yang membentuk situs anda, sebelum memberinya pinalti.
3. Meta tag yang tidak relevan : Keberadaan Meta Tag sangatlah penting, jadi perlu sekali untuk mensetting meta tag dengan tepat dan akurat. Hukuman pinalti Google tidak dapat dihindari apabila anda menggunakan meta tag yang tidak relevan. Dibawah ini adalah cara menambahkan meta tag yang relevan dengan halaman situs :Jika anda Adalah pengguna wordpress self hosting, banyak sekali plugin yang menawarkan untuk membuat meta tag pada situs anda. Saat ini plugin yang saya gunakan untuk membuat meta tag adalah SEO Ultimate Plugin.
Plugin tersebut akan secara otomatis ada dibagian bawah ketika anda akan mempublikasikan artikel atau halaman. Lalu bagaimana menulis meta tag yang optimal? dibawah ini adalah cara penulisan meta tag yang bisa anda coba tiru penerapannya:
Buatlah Title Tag yang benar : Gunakan judul halaman, nama brand dan frase yang mencakup keyword utama anda. Hati-hati untuk jangan berlebihan optimasi, penulisan title maksimal menggunakan 70 karakter. Hindari penggunaan yang tidak mempengaruhi hasil pencarian anda atau istilahnya “Stop – word” contohnya seperti : Saya, Anda, Kamu dan lainnya. Contoh title tag yang baik dan bisa anda coba seperti berikut ini “Contact | eBiz Media – Internet and Media Industry Leaders”
Manfaatkan Kredibilitas Anda : Ketika anda menulis Meta description, improve hasil pencarian yang memberi influence klik kepada pengguna dengan menyematkan kredibilitas situs anda, apabila brand anda cukup populer. Kalimat kredibilitas bisa gunakan kata seperti “Melayani sejak tahun….” “Berdasarkan Detik.com…” .
Situs jobsDB Indonesia mendapatkan peringkat pertama pada hasil pencarian dengan menggunakan general keyword “lowongan kerja”, dan pada bagian meta descriptionnya mereka menggunakan kredibilitas brand dalam melayani pengguna mendapatkan pekerjaannya.
Apa dengan memanfaatkan kredibilitas brand akan mempengaruhi peringkat pencarian? Ada banyak faktor yang menentukan peringkat pencarian. Dan menggunakan kredibilitas brand merupakan nilai positif dalam membantu pengguna mencari solusi yang tepat, kembali pada tujuan Google yang berfokus memberikan jawaban paling relevan. Saya setuju apabila kredibilitas brand dapat mempengaruhi pencarian, walaupun saya kurang tahu apakah Hummingbird dapat memahami makna kredibilitas ini.
Hindari Duplikasi Title dan Description tag : Jangan copy paste title dan description tag pada semua halaman situs anda, buatlah title dan description yang unik dan mewakili konten situs anda. Mungkin penulisan yang unik akan cukup memakan waktu, tapi percayalah apabila situs anda mendapatkan peringkat yang tinggi dihasil pencarian, Masbro akan mendapat kepuasan yang setara. Pesan moralnya adalah jangan sia-siakan tulisan artikel anda dengan menggunakan title dan description yang terduplikasi.
Language Power in description : Pertahankan meta description anda tetap pendek, spesifik, sweat, dan menarik perhatian. Penulisan meta description maksimal 156 karakter, tambahkan kata-kata yang mendeskripsikan konten halaman Masbro, berikan alasan yang bagus kenapa mereka harus mengklik situs Masbro di pencarian. Jangan menyesatkan pengguna dengan memberikan meta deskripsi yang tidak relevan, yang tidak memiliki hubungan dengan isi halaman karena nantinya akan berpotensi kehilangan calon pengunjung situs.
4. High bouncerate : Bouncerate adalah persentase sesi kunjungan satu halaman (dimana orang meninggalkan situs dari halaman pertama ia masuk tanpa ada interaksi dengan halaman situs tersebut). Tingkat bouncerate yang tinggi merupakan tanda bahwa pengunjung tidak menganggap situs anda berguna, karena mereka tidak menemukan sesuatu yang mereka cari dari situs anda.
Berapa rata-rata tingkat bouncerate yang bisa diterima? jawabannya adalah tergantung pada industri anda. Menurut gorocketfuel.com, tingkat boucerate yang sangat bagus adalah antara 26-40%. 41 – 55% adalah tingkat rata-rata, 56-70% Sudah melebihi rata-rata tapi mungkin tidak menyebabkan situs anda terlihat spamming tergantung pada situs web. Lebih dari 70% tingkat bouncerate situs, sebaiknya lakukan perbaikan.
Ada banyak faktor yang menyebabkan situs anda mendapatkan tingkat bouncerate yang tinggi, seperti :
Single page site : Jika anda hanya punya 1 halaman situs web, beresiko memiliki rasio bouncerate yang tinggi. Karena pengguna hanya berinteraksi dengan halaman itu saja.
Design situs dan kegunaan : Faktor dasar yang menyebabkan situs anda memiliki bouncerate tinggi adalah, bagaimana mendesign situs sesuai dengan kegunaan pengguna. Apabila design situs anda membuat orang sulit untuk menemukan apa yang mereka cari, Google berasumsi bahwa situs tidak memiliki content yang bermanfaat.
Dari waktu ke waktu tingkat bouncerate bisa berfluktuasi secara signifikan dan biasanya akan meningkat lebih tinggi sedikit tapi belum tentu jadi hal yang buruk. Contohnya Apabila anda mengganti themes situs atau mendesign ulang situs, biasanya tingkat bouncerate akan sedikit meningkat, sementara pengunjung mempelajari dengan tata letak dan tampilan baru.
5. Rendahnya Returning Visitor : Apabila situs anda hanya dikunjungi oleh pengunjung hanya sekali saja, itu adalah sinyal bagi Google bahwa situs tidak semuanya relevan untuk pengguna.
Anda bisa jadikan pengunjung yang datang secara berulang menjadi bahan analisa untuk mencari cara bagaimana mengoptimalkan mereka untuk terus berkunjung dan berinteraksi hingga melahirkan kepercayaan yang tinggi terhadap situs anda. dan anda bisa pergi ke Google analytics dan login disana, dan kemudian anda bisa lakukan comparison bulan ke bulan berapa banyak pengunjung yang datang secara berulang. Apablia anda tidak bisa mempertahankan pengunjung untuk kembali lagi, ini akan berdampak negatif untuk peringkat anda.
Bagaimana cara mendapatkan retension kunjungan untuk situs anda? Dibawah ini adalah langkah sederhana bagaimana mengoptimalkan halaman agar mendapatkan returning visitor :
a) Tingkatkan kecepatan load situs : Apakah situs meiliki kecepatan yang tinggi untuk membuka setiap halamannya? Dalam upaya untuk dapatkan returning visitor, penting sekali melayani pengguna dengan menyajikan halaman situs secara cepat. Menurut MOZ.com “kecepatan situs benar-benar mempengaruhi peringkat hasil pencarian”. Dengan membuat load situs lebih cepat, dapat membuat pengunjung untuk tinggal lebih lama dan memungkinkan akan kembali lagi di lain waktu.
Menurut statistic moz.com, sekitar 40% orang meninggalkan situs web yang memakan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat halaman. Dengan memuat halaman yang lambat, dapat meningkatkan bouncerate dan menurunnya returning visitor.
Mulailah untuk improve waktu load halaman situs anda, untuk dapatkan returning visitor dan mengurangi tingkat bouncerate.
b) Be Helpful : Salah satu cara untuk dapatkan returning visitor adalah, menolong orang lain memecahkan masalahnya. Konten yang anda tulis harus mampu memecahkan masalah degan jelas. Seperti contohnya : menulis tutorial langkah – langkah untuk pecahkan masalah yang sesuai dengan niche situs anda.
Cara meningkatkan Quality score Panda – Dengan berbagai tindakan yang tidak mematuhi algoritma Panda, situs – situs yang dianggap spamming mendapatkan traffic yang semakin menurun tajam dan peringkat hasil pencarian yang menghilang keberadaannya. Membuat situs yang dianggap spamming harus memperbaikinya dengan menambahkan banyak konten yang bermanfaat untuk pengguna. anda juga perlu untuk memperhatikan Quality score Panda.
- Static Element
- Quality Checks
- User Experience
Kita bisa percaya persamaan kualitas diatas dapat membantu situs terhindar dan bisa memperbaiki dampak penalti, karena persamaan ini diberikan oleh Google. Kita akan bahas elemen – elemen ini lebih rinci.
1. Static Element
Halaman statis adalah unsur yang penting untuk mendpatkan kulitas score yang bagus dimata Panda, karena unsur tersebut adalah pernyataan dari situs mengenai apa yang mereka lakukan, apa tujuan mereka, dan apa sarat ketentuan yang berlaku pada layanan situs. Unsur-unsur statis biasanya : About US, Kebijakan Privasi, Contact, Terms Of Use.
About Us – Halaman statis About Us adalah elemen penting yang harus dimiliki setiap situs, dan halaman ini dapat mengangkat atau menurunkan Panda quality score Masbro. Halaman About Us yang hanya berisi beberapa kalimat, Google dapat menganggap situs Masbro memiliki kualitas rendah. Jadi lakukan pembaruan halaman Masbro mulai dari cerita Masbro, pengalaman, maksud dan tujuan dll.
- Kebijakan Privasi – Untuk membuat kebijakan privasi anda bisa menggunakan plugin wordpress seperti Auto Terms of Service and Privacy Policy, atau melalui situs yang bisa membantu membuat kebijakan privasi.
Contact – Halaman kontak merupakan elemen penting, dan halaman kontak juga harus memiliki konten, biasanya kurang dari 100 kata.
Setiap membuat halaman statis, usahakan untuk membuat halaman (About Page, Contact, dll) yang unik, rich dan membantu.
- Terms Of Service – Sebagian besar pengunjung mungkin tidak akan membaca halaman ini, tapi penting sekali membuat halaman ini unik. Aturan membuat terms of service ini sama seperti Masbro membuat halaman “kebijakan privasi”. Susunlah halaman ini secara unik, dan tulislah secara mendalam minimal 1000 kata atau sejauh mungkin isi halaman ini menarik untuk dibaca.
2. Quality Checks
Untuk memenuhi quality checks, kode situs harus baik dan memenuhi standard. Karena dengan memiliki quality checks yang solid dapat membantu untuk memulihkan situs dari pinalti Google. Pastikan memilih provider hosting berkualitas baik.
eperti yang kita tahu Google sangat menghargai user experience yang baik, maka dari itu Google akan mengukur keterlibatan situs terhadap pengguna. Penting sekali situs Masbro menggunakan kode situs yang sesuai standard, kode HTML yang tidak match, kode Css yang rusak, Java script yang rusak, kesalahan pada PHP, dapat memberikan pengalaman yang buruk kepada pengguna.
Jika Masbro menggunakan HTML versi lama, sebaiknya cobalah untuk mengupgrade ke HTML5.
3. User Experience
Algoritma Google Panda akan menilai seluruh situs secara luas, elemen ini juga harus terpenuhi di dalam situs. Ingat apabila ingin meningkatkan elemen user experience . fokuslah pada kebutuhan pengguna, saat anda tingkatkan user experience, situs anda akan terbebas dari pinalti Google.
Dalam meningkatkan user experience yang perlu anda lakukan adalah mapping faktor-faktor yang meningkatkan UX seperti dibawah ini:



