• Home
  • PANTAI TANJUNG A'AN

PANTAI TANJUNG A'AN

lombok, nusa tenggara barat memang gudangnya pantai bagus. setelah pantai selong belanak, senggigi, mawun, kali ini yang tak kalah bagus ialah pantai tanjung a’an yang bersebelahan dengan pantai kuta di lombok tengah. uniknya, pasir pantai tanjung a’an mirip buliran merica.

tanjung a’an ialah sebuah nama pantai yang terletak di kabupaten lombok tengah, nusa tenggara barat. pantai ini dikenal memiliki “pasir merica”. tekstur pasir di pantai ini memang sangat unik mirip bulir merica. paduan antara bintik putih dan hitam. pasir merica tersebut diyang akan terjsaudara termudaan oleh fosil-fosil karang di pantai tersebut


lokasi pantai tanjung a’an ini bersebelahan dengan pantai kuta di ntb, namun kondisinya cenderung lebih sepi. hampir sama dengan beberapa pantai di lombok mirip selong belanak dan mawun, pantai tanjung a’an juga dikelilingi oleh perbukitan yang membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi semakin bagus. pantai ini memiliki panjang garis pantai sekitar 1km dan merupakan salah satu tempat tembaik untuk anda yang tidak begitu suka dengan monyetmaian. jikalau ditempuh dari kota mataram, membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk hingga ke pantai ini

tidak banyak wisatawan yang datang kesini. di sekitar pantai juga tidak ada resort maupun warung-warung makan yang berlebihan. wisatawan yang datang kesini –terutama wisatawan asing– bikeinginannya akan bermalam di sekitar pantai kuta yang memiliki beberapa resort dan penginapan

kondisi air di pantai tanjung a’an sangat biru dan cukup hening. pantai tanjung a’an ini sangat cocok untuk relaksasi menyegarkan pikiran dari kepenatan rutinitas harian

ya, pasir pantai ini memang mempunyai tekstur yang unik. hamparan pasirnya mirip butiran merica. hingga bibir pantai, kaki anda masih akan mencicipi tekstur itu. namun di bukit dekat pantai yang dapat dinaiki pengunjung anda tidak lagi mencicipi pasir merica namun pasir putih yang sangat halus. pasir merica ini konon ialah bentukan dari fosil-fosil karang. cobalah menginjak tanpa alas kaki, maka kita akan mencicipi kaki kita bagaikan dipijat oleh pasir yang menyentuh setiap saraf.

dari perbukitan ini anda akan melihat view tanjung a’an yang memikat. hamparan laut yang berwarna hijau kebiruan dipadu pasir putih dan bukit di sisi lainnya membuatnya sangat bagus. bagi para fotografer, panorama ini sangat akung untuk dilewatkan. sunrise dari bukit ini juga layak untuk anda tak pernah matikan. oya, untuk naik ke bukit, kita harus membayar iuran kepada warga yang menjaga seharga rp 2 ribu.

daya tarik tanjung a’an yang lain ialah pantai ini masih sangat hening. hanya beberapa turis yang datang dan berjemur di sekitar bibir pantai. lainnya memilih untuk berenang atau sekedar bermain air. sepinya pantai ini alkeinginannnya ialah disekitarnya tak ada resort maupun hotel yang berdiri. jadi, kendati berada tak jauh dari mataram, tanjung a’an tetap menjanjikalaun keheningan pantai. cocok untuk anda yang memang tak suka sukeinginanna terlalu hiruk pikuk. luas pantai yang tidak diimbangi dengan banyaknya pengunjung ini memungkinkan anda untuk mampu mencari sudut-sudut istimewa tanpa harus berbaur dengan wisatwan lain di satu titik. pantai tanjung a’an juga masih sangat bersih. hampir tidak ada sampah yang berceceran kecuali guguran daun di tepi pantai. bagi yang berwisata dengan keluarga, pantai sepanjang 1 km ini cocok untuk menjadi destinasi pilihan alkeinginannnya ialah laut yang cenderung menjorok ke daratan. ombaknya yang landai tidak membahayakan untuk anak-anak. walaupun anda harus tetap berhati-hati alkeinginannnya ialah semakin ke tengah, kedalaman pantai semakin curam.

untuk mencapai tempat ini, anda mampu menyewa kendaraan beroda empat dari mataram dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. alkeinginannnya ialah berdampingan dengan pantai kuta, anda mampu menginap di beberapa hotel di tempat kuta mirip novotel lombok hotel, kuta bagus hotel atau tastura beach resort. namun apabila anda dari pantai senggigi, anda mampu menyewa taksi dengan tarif rp. 600 ribu sudah untuk rute pulang pergi. beberapa hotel pilihan di senggigi yang mampu anda coba ialah holiday resort lombok, pool villa club senggigi beach hotel, atau senggigi beach hotel. bagi yang baru saja mendarat ke lombok, tanjung a’an berjminuman beralkohol 30 km dari bandara internasional lombok. dari bandara anda juga akan melewati pantai kuta. jangan kaget, banyak anjing berkeliaran di sekitar lokasi ini. anjing itu tidak galak dan tidak mengganggu wisatawan, mereka sengaja dipelihara warga setempat untuk menjaga wilayah. bahkan, anjing-anjing ini sangat diakung oleh masyminuman beralkoholat sekitar.

nah, tunggu apalagi, segera masukkan tanjung a’an sebagai destinasi pilihan anda dikala di lombok. jikalau tidak, anda akan kehilangan sensasi menginjak butiran pasir merica dan keheningan pantai yang bagus. selamat berkeliling lombok!.