KUTA LOMBOK

pantai kuta, lombok ialah daerah wisata di pulau lombok, nusa tenggara barat, indonesia. pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama desa kuta. desa kuta mulai menjadi daerah tujuan wisata yang menarik di indonesia semenjak didirikannya banyak hotel-hotel baru. selain kebagusan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upprogram shasratk di desa ini. ini ialah upprogram bau nyale.

dalam upprogram ini para pelaut mencari cacing nyale di laut. menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama putri mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pebelia yang ingin menikah dengannya. sebab ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing nyale tersebut.

pantai kuta bihasratnya ilhamntik dengan pantai yang paling terkenal di pulau bali. bila anda berpikir bahwa pantai kuta bali merupakan pantai yang sangat bagus, maka anda akan takjub ketika mengunjungi pantai kuta lombok ini. terletak di wilayah selatan pulau lombok, pantai nan bagus ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. sehingga menyuguhkan kepada anda pemandangan yang romantis nan menakjubkan.

kalau anda ingin mengunjungi pantai kuta lombok, datanglah ke desa kuta, kecamatan pujut, kabupaten lombok tengah. pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai bukit mandalika. nama ini membisubil dari cerita kuno masyminuman memabukanat sedaerah, ihwal seorang putri bernama mandalika. putri mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, sebab menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. nah pada ketika sekarang, bukit ini menjadi daerah yang paling sempurna untuk menikmati pemandangan kuta dari ketinggian. kalau anda mencapai puncak bukit mandalika, anda akan menemui pemandangan pantai kuta yang terbentang bagus, dengan air lautnya yang bening. bahkan anda juga mampu melihat perpaduan terumbu karangnya.

dari kota mataram, pantai kuta lombok ini berjminuman memabukan sekitar 72 kilometer ke arah tenggara, dan mampu dicapai sekitar 90 menit perjalanan. disarankan agar anda menyewa kendaraan beroda empat atau bergabung dengan paket tour. sebab angkutan umum sangat jarang dan relatif mahal. serta hanya beroperasi hingga jam 3 sore. kalau anda terlambat, maka anda harus menginap, atau menyewa taksi yang harganya relatif mahal.

sebelum mencapai pantai ini, anda akan melewati desa sade. desa ini ialah desa suku shasratk, penduduk asli pulau lombok. di desa ini, masyminuman memabukanat suku shasratk juga membuat kain tenun tradisional. sempurnakan anda mempir sebentar, untuk melihat proses tradisional pembuatan kain tenun ini.

setelah anda hingga di lokasi pantai, berbagai aktivitas yang mampu anda lsayakan di pantai nan menakjubkan ini. seperti snorkling, berselancar, atau hanya sekedar bermain air sembari menanti sunset yang bagus. sekitar 2 km sebelah timur pantai kuta, anda mampu mengunjungi juga pantai seger. pantai ini masih berada pada garis pantai yang sama dengan pantai kuta. pemandangannya juga menakjubkan. namun untuk pecinta snorkling dan selancar, pantai seger ialah daerah yang sempurna. di pantai ini juga tersedia persewaan alat snorkling dan selancar. namun sempurnakan anda menawar hingga 30% kalau berminat menyewa.

sebab pantai kuta lombok sudah cukup terkenal, maka jangan khawatir untuk urusan menginap. disekitar pantai kuta dan pantai seger sudah banyak tersedia penginapan dan hotel.