• Home
  • 3 GILI LOMBOK

3 GILI LOMBOK


tempat wisata di lombok memang sangat rupawan dari sekian banyak objek wisata yang ada di lombok tentunya anda tidak akan melewatkan tiga pulau gili di kawhasratn pantai barat lombok.

tiga pulau tersebut ialah gili trawangan, gili meno dan gili air, masing-masing pulau memiliki pantai berpasir putih, air laut yang sangat jernih dan pemandangan yang menakjubkan.

untuk menempuh masing-masing pulau diperlukan waktu 30-45 menit dengan menggunakan kapal umum. tiga pulau gili memiliki kminuman beralkoholteristik yang berbeda, anda dapat menentukan mana tempat liburan di pulau gili lombok yang sesuai dengan anda.

gili trawangan
gili trawangan ialah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut lombok. trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. di antara ketiga gili tersebut, trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai “tîr na nôg” mengklaim bahwa trawangan ialah pulau terkecil di dunia yang ada bar irlandia-nya. bagian paling ptata cara penduduk ialah sebelah timur pulau ini.

trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada gili meno dan gili air, alhasratnnya ialah banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi programnya oleh beberapa tempat monyetmaian. aktivitas yang populer dilsayakan para wisatawan di trawangan ialah scuba diving (dengan sertifikasi padi), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

di gili trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, alhasratnnya ialah tidak diizinkan oleh aturan lokal. sarana transportasi yang lazim ialah sepeda (disewakan oleh masyminuman beralkoholat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di lombok. untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk bihasratnya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

kelebihan gili trawangan dibandingkan dengan pantai lain ialah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! hal ini terjadi alhasratnnya ialah gili trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jminuman beralkoholnya tidak terlalu jauh. sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

di gili trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang bihasratnya dipertontonkan disekitar phasratr seni gili trawangan.

gili meno
gili meno ialah salah satu dari tiga pulau kecil, selain gili trawangan dan gili air, yang menjadi kawhasratn wisata bahari. tempat ini dapat dicapai dari kota mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati pantai senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari indonesia dan mancanegara. pasirnya putih dan masih alami. di gili meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik.

gili air
gili air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di lombok, yaitu gili trawangan, dan gili meno. ketiga pulau ini terkenal dengan kerupawanan pantainya, maka tak heran apajikalau gili air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di lombok.

dari ketiga pulau gili yang telah disebutkan diatas, gili air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau lombok.gili air, gili meno, dan gili trawangan berada di kawhasratn barat pantai lombok, serta bisa menampilkan gambaran kerupawanan pantai-pantai yang berada di lombok. lokasi gili air sempurnanya teletak di desa gili rupawan, kecamatan pemenang, kabupaten lombok utara.

berkunjung ke gili air wisatawan dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut indonesia. diantaranya pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan banyak sekali warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. masyminuman beralkoholat setempat mnyebut gili air dengan nama “tengaq aiq” yang berarti ditengha-tengah laut. mayoritas penduduk asli gili air berhasratl dari suku bugis dan suku shasratk, dan mereka bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. mayoritas pengunjung gili air merupaka wisatawan mancanegara, mirip dari negara inggris, prancis, australia, belanda, italia, maupun negara-negara lainnya. gili air bihasratnya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan juli hingga agustus.
fasilitas dan akses

fasilitas wisata di gili air sangat lengkap,terdapat fasilitas mirip hotel, restoran, maupun bar, sehingga dapat membuat wisatawan nyaman berkunjung ke pulau ini. untuk menuju gili air, penunjung dapat menempuh perjalanan menggunakan kapal motor (boat) dari pelabuhan bangsal dengan jarah tempuh sekitar 25 menit.

sementara untuk mencapai pelabuhan bangsal, pengunjung dapat mencapainya dari mataram dengan menaiki angkutan umum maupun angkutan langsung dengan dua rute pilihan, yaitu mataram – rembiga – gunung sari – kekait – pusuk – pemenang – bangsal ataupun melalui jalur mataram – meninting – batu bolong – senggigi – monyetndangan – melimbu – pemenang dan bangsal.

sepanjang perjalanan pun wisatawan dimanjakan dengan kerupawanan tempat-tempat wisata yang ada di lombok. apajikalau menggunakan rute pertama, wisatawan akan melewati daerah pusuk yang masuk dalam kawhasratn gunung rinjani. sementara lewat jalur kedua, wisatawan akan dinfoguhi kerupawanan garis pantai lombok hingga hingga ke tempat tujuan di pelabuhan bangsal.

untuk masuk ke gili air pengunjung tidak akan dikenakan biaya, sementara untuk biaya perahu motor untuk menyeberang dari pelabuhan bangsal menuju gili air dikenakan biaya sebesar rp.8.000-rp.25.000 per orang tergantung jenis perahu motor yang digunakan. untuk jadwal penyeberangan pada pagi hari sekitar pukul 08.30 dan sore hari.

apajikalau ingin berkeliling pulau gili air dengan menggunakan sepeda, di pulai ini terdapat juga fasilitas penyewaan sepeda dengan harga rp.30.000. tentunya dengan harga tersebut anda sudah bisa seharian mengelilingi pulau gili air dengan sepeda sewaan tersebut.