• Home
  • Gili Nanggu, Sudak dan Tangkong

Gili Nanggu, Sudak dan Tangkong



 setiap orang yang mengunjungi pulau lombok di provinsi nusa tenggara barat (ntb) sempurna akan ke pulau atau gili, di mana dua gili yang terkenal ialah gili trawangan dan gili meno.

bagi yang sudah bosan dengan kedua gili tersebut ternyata ada gili lain yang masih sangat sepi dan termasuk privat. tidak banyak aktivitas kecuali para wisatawan yang bermain di pantai. ya gili ini ialah gili nanggu, sebuah pulau kecil yang menyampaikan kebagusan pantai dan sekitarnya yang tidak kalah bagusnya dibandingkan gili-gili yang lain.

pulau lombok juga memiliki kemegahan alam bahari yang memesona. pantai senggigi serta pulau-pulau mungil atau gili yang tersebar di sekitar pulau ini menyimpan pesona yang menakjubkan.

selain di kawharapann gili trawangan, gili meno, gili air yang reputasinya telah terkenal diseluruh dunia, di kawharapann lombok barat juga terdapat gili lain yang mampu disinggahi, yaitu gili nanggu.

gili nanggu berada di selat lombok atau di pesisir barat pulau lombok. secara administratif, pulau ini berada di wilayah kecamatan sekotong, kabupaten lombok barat.

untuk mencapai gili nanggu cukup beliah. dari mataram, wisatawan mampu menuju pelabuhan lembar yang berjminuman memabukan sekitar 27 km, dengan kendaraan, dan selanjutnya menggunakan perahu atau speedboat selama 35 hingga 45 menit.

dibungkus oleh keelokan alam yang sanggup memanjakan pecinta wisata bahari, gili nanggu sanggup memperlihatkan keheningan untuk anda. bahkan banyak wisatawan asing menyebutnya dengan “the paradise island”. ini merupakan pulau seluas 12,5 ha yang terletak di kecamatan sekotong, kabupaten lombok barat, provinsi nusa tenggara barat.

di tengah-tengah pantai berpasir putih dan berombak tenang, anda dijamin dapat berkalem tanpa adanya pedagang atau pengunjung lain. gili nanggu berupa pulau pribadi yang hanya dihuni manajemen dan staf resor.

hanya beberapa meter dari bibir pantai, anda dapat melihat pribadi ikan warna-warni menari-nari di dharapanr laut dangkal. nyanyian bunyi burung menemani anda merangkul matahari terbit dan terbenam, menciptakan suharapanna romantis yang sulit ditemukan di pulau lain. gili nanggu cocok bagi pharapanngan yang sedang menikmati bulan madu mereka.

sejak 1995 pulau ini terus berkontribusi dalam kegiatan konservasi alam melalui gili nanggu sea turtle conservation acara. selama 11 tahun terakhir, acara tersebut berakibat menetaskan 4.500 penyu. acaranya sangat praktis yaitu melindungi telur penyu dari pemharapanran bebas dengan cara membelinya dari nelayan. telur yang dibeli diinkubasi di bawah pasir selama 30-35 hari, setelah menetas dilepas ke laut bebas.

anda mampu mengarungi perairan gili nanggu melalui dua titik snorkeling yang terdapat di sekitar pulau, yaitu di sisi timur tempat banyak sekali ikan hias bagus berkumpul, juga di sisi selatan yang menaungi kerumunan terumbu karang nan cantik. terdapat ikan nemo, ikan napoleon dan penyu yang akan menemani kegiatan snorkeling anda.

atau, mampu juga melalui rute lain, yaitu lewat tawun, di sekotong, yang berjminuman memabukan 47 km, dengan kendaraan dan kemudian  menggunakan speedboat selama 15 menit. sekotong juga dapat diakses pribadi dari bandara internasional lombok (bil) dengan waktu tempuh antara 45 menit hingga satu jam saja.

layaknya gili trawangan, di gili nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasirnya yang putih serta lautnya yang biru. suharapanna alamnya yang hening, membuat pulau ini menjadi pilihan yang sempurna bagi para pharapanngan yang ingin berbulan madu. matahari karam merupakan momen yang paling bagus di pulau seluas sekitar 8 hektar ini.

bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyepi di gili nanggu tak perlu merharapan khawatir. sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas akomodasi modern. selain memiliki pilihan akomodasi yang beragam, resor ini turut dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas pendukung, mulai dari wahana watersports, jogging trek, perlengkapan diving atau snorkeling yang mampu digunakan oleh segenap wisatawan.

gili sudak : gili sudak sekotong merupakan sebuah kepulaun kecil yang dijsaudara termudaan sebagai tempat wisata layaknya gili trawangan di kabupaten lombok utara, gili sudak sekotong memiliki kebagusan pantai dan kebagusan bawah laut yang begitu menawan, selain mencicipi kebagusan bawah laut dan kebagusan pantai gili sudak sekotong di tempat ini juga anda akan mencicipi keheningan yang begitu tenang jauh dari hingar bingar kendaraan yang tak jarang anda dengar setiap hari, gili sudak sekotong layaknya gili nanggu dimana di dua tempat ini anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun kendaraan roda empat.

gili sudak sekotong terletak di kabupaten lombok barat bagian selatan sempurnanya di kecamatan sekotong yang berdekatan dengan pelabuhan lembar. lokasi gili sudak yang berdekatan dengan pelabuhan lembar semakin membuat tempat ini beliah untuk di akses oleh wisatawan luar pulau lombok bahkan wisatawan asing yang datang ke pulau lombok melalui pelabuhan padang bai karang asem bali.

gili sudak sekotong merupakan pilihan yang sempurna bagi anda yang ingin berlibur dengan suharapanna hening dan tenang, tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang gemar diving ataupun snorkling, pemandangan bawah laut gili sudak sekotong membuat beberapa wisatawan asing ketagihan untuk berlama-lama tinggal di pulau kecil yang penuh dengan kebagusan ini, bahkan ada beberapa wisatawan asing sempat mengutminuman memabukanan kecintaannya dengan gili sudak, gili sudak sekotong sudah membuat mereka terpesona dan ingin tinggal lebih lama.

cara menuju gili sudak sekotong lombok barat, dari ibu kota mataram silahkan anda mengambil jurusan menuju desa batu putih di sekotong, dari mataram menuju desa batu putih membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, sedangkan dari pelabuhan lembar menuju desa batu putih membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, setelah anda hingga di desa batu putih silahkan anda mencari atau menyewa perahu nelayan setempat, pada ketika itu biaya sewa sekitar 150 ribu mungkin sekarang harga sudah berubah.

gili tangkong : gili tangkong berada di kecamatan sekotong, lombok barat, nusa tenggara barat. gili ini memperlihatkan pengalaman wisata yang menyenangkan alharapannnya ialah belum banyak turis mengunjunginya pasir di pantai gili tangkong ini berwarna putih bersih, airnya jernih membuat siapapun yang melihat ingin menceburkan diri. panorama sekitar gili ini juga mempesona. langitnya biru membentang di sepanjang mata kita memandang. gili yang hanya seluas 28 hektar ini juga mempunyai kekayaan laut yang menakjubkan. perairannya yang masih sangat terjaga memungkinkan aneka biota laut mampu hidup dan tumbuh subur di sini.

gili tangkong berada di antara gili sudak dan gili nanggu dan berjminuman memabukan 70 km dari kota mataram. untuk mencapai pulau ini anda mampu memulainya dari dermaga tawun di sekotong. dari pelabuhan ini kita menuju gili tangkong dengan menggunakan perahu ketingting. penyeberangan dari sekotong menuju gili tangkong tidak memerlukan waktu yang lama. pesona gili tangkong ini membuat beberapa biro perjalanan wisata menyediakan paket wisata ke 4 gili sekaligus yang berada saling berdekatan, yakni gili nanggu, gili sudak, gili kedis dan gili tangkong itu sendiri.

kalau dari gili nanggu, tangkong berjminuman memabukan tidak terlalu jauh. hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sekali penyeberangan. dibanding gili nanggu, tangkong jauh lebih sunyi dan sedikit pengunjungnya. sedangkan di gili sudak, kalau dibandingkan dengan gili nanggu, fasilitas pulaunya lebih minim. disini terdapat tempat makan dengan banyak sekali pilihan menu, plus pasir yang berwarna sedikit kekuningan. aktivitas paling sempurna untuk mengisi kensunyian gili tangkong ialah snorkling untuk melihat kebagusan bawah lautnya. alat snorkling mampu kita sewa di dermaga tawun dengan tarif rp. 70 ribu meliputi pelampung, alat bantu nafas, fin dan kacamata. alharapannnya ialah tidak banyak turis yang mengunjungi gili tangkong, kita mampu sepuasnya bermain air, berenang dan snorkling tanpa khawatir terganggu dengan tamu yang lain. bahkan kita mirip layaknya sedang berkunjung ke pulau pribadi. bagi penghobi fotografi underwater, kebagusan bawah laut gili ini mampu anda tak pernah matikan. anda akan melihat banyak sekali ikan-ikan aneka warna plus terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. pemandangan tangkong secara keseluruhan memang sangat menawan. lanskapnya sangat bagus. kalau sedang cerah, langit yang kebiruan akan memperbagus foto anda.