• Home
  • Gili Kondo, Gili Bidara & Gili Lampu di Lombok Timur

Gili Kondo, Gili Bidara & Gili Lampu di Lombok Timur



nama gili trawangan, gili air, dan gili meno absolut sudah sering travelers dengar, atau bahkan jelajahi. tapi travelers tahu nggak, ada gili-gili lain yang tidak kalah cantik dan jauh lebih sepi dibandingkan ketiga gili tadi? mereka merupakan gili kondo, gili petagan, dan gili bidara, yang berada di kawasan lombok timur.

ketiga gili ini memang masih belum sepopuler gili trawangan, gili air, atau gili meno, tapi pesonanya dijamin akan membuat kalian terpikat. yang asyik, kalian mampu mencicipi nikmatnya liburan ala milyuner di pulau pribadi lho! panorama menawan di ketiga gili ini terbentang hanya untuk travelers.

seperti halnya pulau dengan pantai perawan, pantai di keempat gili tersebut sangat bersih, dengan pasir putih lembut, air biru jernih bagaikan kristal, dan kedamaian tiada tara. bonusnya merupakan pemandangan gunung rinjani di kejauhan.

diantara keempatnya, gili kondo merupakan yang paling dikenal wisatawan. di pulau ini sudah terdapat fasilitas berupa penginapan dan restoran, serta penyewaan alat snorkeling. mungkin alkeinginannnya merupakan sempat dikelola oleh swasta, gili kondo mampu dikatakan cukup “siap” menyambut pengunjung. ciri khas gili kondo, selain pantai yang cantik, merupakan kayu-kayu dari tumbuhan mati yang teronggok dimana-mana. walaupun hanya berupa tunggul-tunggul, kayu-kayu mati ini menambah eksotisme pantai di gili kondo, seolah memang sengaja ditempatkan disana sebagai dekorasi oleh alam.

terumbu karang yang sempurna berada di halaman restoran gili kondo masih dalam tahap pengembangan. pihak pengelola yang lama, sebuah perperjuanganan swasta, berperjuangan untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang gili kondo. travelers mampu melihat eksklusif taman laut disini yang dihuni beraneka jenis karang, ikan dan binatang laut yang bervariasi.

oh ya,  kau juga akan dapat bonus berupa kunjungan ke gili kapal, yaitu sebuah pulau yang hanya terdiri atas pasir tanpa ada karang ataupun tumbuhan. pasir ini sering timbul karam tergoda ombak. walaupun kecil dan kelihatan “polos”, gili kapal merupakan juaranya taman laut. kecantikan alam bawah laut dan penghuninya benar-benar mempesona, yang bagi sebagian traveler merupakan spot snorkeling terbaik di dunia. snorkeling merupakan aktivitas utama dan wajib travelers lsayakan disini. selain itu, kalian tidak akan tahan melihat jernihnya air berwarna biru yang seolah memanggil untuk eksklusif mencebur!

berikutnya merupakan gili bidara.pulau kecil ini mampu dilihat dari pantai sammuda, gili petagan, dan gili kapal, bahkan mampu dilihat dari gili kondo. gili bidara ukurannya lebih kecil dari gili kondo yang berada di seberang. jbir gili bidara ini cukup dekat dari gili kapal. begitu tiba di pulau ini, kalian akan disambut oleh perkampungan penduduk, rumah-rumah dengan atap daun kelapa, dan penghuninya yang ramah. walaupun serba sederhana, disinilah travelers mampu mencicipi kebahagiaan dan kedamaian kehidupan kampung yang benar-benar berbeda dengan kota.

ulau berikutnya, gili petagan, terkenal dengan hutan bakaunya yang merupakan peninggalan dari pendusedihn jepang yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata di lombok timur. hutan bakau ini sekarang dikelilingi padang lamun dan terumbu karang yang cantik. padang lamun merupakan padang rumput yang tumbuh di dalam laut. dalam perjalanan menuju gili petagan, kalian mampu menyaksikan betapa birunya air laut. warna biru tersebut membuktikan perairan dalam. begitu mendekati pulau, air yang jernih menampakkan pemandangan taman laut cantik yang mampu travelers nikmati dari atas kapal.