• Home
  • PANTAI MEKAKI

PANTAI MEKAKI


pantai mekaki sekotong atau disebut juga dengan sebutan teluk mekaki mungkin terdengar sangat asing diindera pendengaran dibandingkan beberapa pantai lain di pulau lombok yang eksistensiya sudah terdengar di penjuru dunia mirip pantai selong belanak lombok tengah ataupun pantai tanjung ringgit yang terdapat di kabupaten lombok timur, namun ketika anda sudah melihat dan mencicipi secara eksklusif kecantikan yang dimiliki oleh pantai ini maka anda akan tersadar bahwa pantai mekaki ialah salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi selain dari kedua pantai yang sudah disebutkan sebelumnya.

kecantikan dari mekaki memang belum banyak diketahui oleh masyminuman beralkoholat indonesia bahkan oleh masyminuman beralkoholat scita-citak sendiri, sungguh amat akung rcita-citanya jikalau pesona pantai mekaki yang terbentang luas ini dilewatkan begitu saja, alangkah baiknya jikalau sebelum tewas, die, bisas, meninggal atau apapun itu kita bisa menyempatkan, menyibukkan, mempersiapkan atau mengatur langkah menuju pantai mekaki yang berpasir putih, dan disisi kiri kanannya terdapat bebukitan yang menjadi ciri khas pantai-pantai yang terdapat di pulau lombok.

pantai mekaki tidak terlalu populer di indera pendengaran wisatawan. namanya kalah terkenal dengan pantai kuta dan senggigi, tapi jikalau mengunjunginya, kita akan sadar bahwa pantai ini layak untuk dijsaudara termudaan destinasi wisata. sepanjang perjalanan menuju pantai hingga akhirnya hingga ke mekaki, kita tak henti-hentinya dinformasiguhi kecantikan.

pantai mekaki memiliki daya tarik yang mengagumkan bahkan sebelum anda benar-benar memasuki kawcita-citan wisata pantai mekaki ini anda akan di suguhkan oleh pemandangan sawah penduduk yang terbentang luas sepanjang jalan menuju pantai, bukan hanya sekedar pemandangan sawah saja yang akan anda temukan sebelum anda hingga di bibir pantai mekaki, selama perjalanan menuju pantai anda juga bisa melihat bukit-bukit hijau, perpaduan pulau gili dan birunya air laut yang seakan menanti tangan-tangan nnalar untuk memperkosa cantiknya ciptaan tuhan. rangkul aku, peluk dan cium aku, jamahilah seluruh tempat yangkamu rcita-citakan cantik pada setiap bagianku mungkin sepenggal kata-kata nnalar tersebut ialah salah satu kata yang membisik perlahan sebelum anda hingga di tujuan.am. akuarium ini lah yang paling besar ukurannya, paling tak beraturan bentuknya.

perjalanan menuju mekaki sama cantiknya dengan mekaki itu sendiri. sepanjang perjalanan kita akan melihat hamparan sawah, perbukitan yang hijau, pesisir pantai yang cantik serta perpaduan gili yang terlihat dari jalan raya menuju mekaki. ada gili gede, gili nanggu dan gili penyu dari kejauhan yang menemani perjalanan kita. kontur jalannya naik turun sehingga sebelum mencapai mekaki, kita sudah bisa melihat pantai ini dari kejauhan. dari jauh pantai mekaki terlihat sangat cantik sebab airnya yang biru berada di sebuah “ceruk” yang sekelilingnya bukit-bukit dengan pepohonan yang hijau. oya, jangan lupa untuk mengkekalkan panorama mekaki dari ketinggian ini. sekitar 100 meter dari pantai, jalanan mulai tidak beraspal alias hanya berbatu, namun tetap bisa dilalui dengan baik.

hingga di mekaki, kita akan melihat bibir pantai yang membentuk lengkungan mirip layaknya bulan sabit. pasir pantai mekaki sangat putih bersih. deburan ombaknya santai. perairannya berwarna hijau toska di tepian dan semakin ke tengah samakin biru. tak heran jikalau banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas lelah dan bersantai di pantai ini. simpanseng-simpanseng disekitar pantai menambah kecantikan dan keunikan mekaki.

pantai ini berada di sebuah teluk di selatan sekotong dan dapat ditempuh melalui jalur darat dari kota mataram. infrastruktur pendukungnya sudah sangat baik. anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mencapai mekaki yang terbentang di 70 km sebelah barat daya lombok, nusa tenggara barat. anda sebaiknya menyewa kendaraan beroda empat atau motor ketika menuju mekaki. dengan begitu kita bisa lelucita-cita mengambil beberapa view yang menarik selama perjalanan.

ketika hingga di bibir pantai ketika itu pula lelah yang anda rcita-citakan seakan sirna oleh cantiknya pantai mekaki, pasir pantai nan lembut deburan ombak yang berbisik perlahan menghapus penat yang selama ini anda rcita-citakan dan perlahan pula segala duduk perkara yang anda rcita-citakan mebeliar seiring hati yang mulai riang oleh kecantikan pantai mekaki yang begitu damai.

lokasi dari pantai mekaki yang beliah di akses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat merupakan salah satu kelebihan dari pantai ini, dibandingkan dengan obyek wisata pantai lainnya mirip pantai batu payung yang merupakan obyek wisata yang dimiliki oleh kabupaten tetangga yaitu lombok tengah pantai mekaki bisa dibilang sudah layak untuk dijsaudara termudaan tujuan wisata baik itu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. pantai mekaki berlokasi di lombok barat sempurnanya di desa pelangan, kecamatan sekotong yang apa bila kita lihat pada peta lokasinya terletak di bagian selatan daerah sekotong dengan bentuk mirip ekor burung.

bagaimana cara menuju pantai mekaki sekotong ?
dari kota mataram menuju pantai mekaki membutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan dengan jminuman beralkohol sekitar 70 km, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum baik itu roda dua dan roda empat kearah selatan dari kecamatan sekotong.