PANTAI MAWUN

pulau lombok merupakan surganya wisata alam. selain memiliki gunung rinjani yang menjadi primadona bagi para pendaki, lombok juga memiliki banyak pantai yang mengagumkan. salah satunya merupakan pantai mawun. pantai ini berada di kabutapen lombok tengah, sekitar satu jam perjalanan dari kota mataram. kesan pertama saat hingga mawun merupakan: “pantai ini birunya kebangetan”

pantai mawun berlokasi di desa tumpak, kecamatan pujut, kabupaten lombok tengah. berjbir 60 km dari kota mataram. pantaio ini dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan menggunaakn kendaraan beroda empat pribadi atau motor dari kota mataram melalui rutr kota mataram – cakranegara – kediri – praya – penujak – selong belanak – mawun, atau rute kota mataram – cakranegara – kediri – praya – batunyale – sengkol – rambitan – sade – kuta – mawun.

untuk menuju pantai ini lewat selong belanak kita melewati jalan yang kondisinya kurang baik pada sekitar 9 kilometer menjelang pantai. namun di sepanjang jalan ini banyak terdapat kebun-kebun tembakau dan padang penggembalaan kerbau. kita mampu melihat petani memanen tembakau dan menjual tembakaunya kepada bandar atau pabrik pengolahan tembakau.

meskipun kalah terkenal dari pantai lainnya di lombok, pantai mawun tetaplah menarik untuk dikunjungi. pasirnya berwarna putih dan ombaknya sangat berteman.


pantai di bagian pesisir selatan pulau lombok banyak yang belum populer meskipun kondisi pantainya cukup baik. banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, namun yang utama merupakan kondisi infrastuktur yang kurang baik dan kebersihan yang kurang terjaga. pantai mawun termasuk salah satu pantai dalam kelompok ini.

apajikalau dilihat dari sumber daya pantainya, pantai mawun sangat layak untuk menjadi kawcita-citan wisata pantai yang populer. pantai yang merupakan bagian dari teluk ini berbentuk mirip tapal kuda apajikalau dilihat dari udara, dan ada 2 bukit di sisi barat dan di sisi timur. hamparan pasirnya berwarna putih. di pantai bagian tengah hingga bagian timur pasirnya halus mirip gula. sementara di bagian barat pasirnya lebih kcita-citar bercampur dengan pecahan-pecahan karang. topografi pantai bagian tengah juga lebih curam daripada pantai bagian barat dan timur. ombak di pantai bagian tengah pun lebih besar daripada pantai bagian barat dan timur. tak cuma itu, kondisi pantai bagian tengah juga seringkali tercemar oleh sampah-sampah kemcita-citan makanan yang terbawa oleh arus laut. hal ini mampu dimaklumi karena pantai bagian tengah pribadi berhadapan dengan samudera hindia, sementara bagian barat dan timur pantai terhalang oleh bukit.

dalam kesehariannya, pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara meskipun tidak terlalu ramai. wisatawan domestik bicita-citanya datang pagi hari hingga menjelang tengah hari sebelum matahari bersinar terik. sebaliknya, wisatawan mancanegara datang saat matahari sudah mulai menyengat di siang hari (nampaknya mereka memburu matahari untuk berjemur). selain berenang, mereka bicita-citanya menghabiskan waktu sambil berjemur, membaca, atau memotret.

mawun memang memiliki air pantai yang sangat biru dengan pasir putih yang membuat pantai ini tercita-cita sangat tepat. jika anda berkunjung ke pantai ini dijamin anda tak akan tahan untuk segera bermain dengan ombak pantainya yang seakan terus melambai-lambai. mawun memiliki kbirteristik yang cukup unik. bagian bibir pantai ini termasuk dalam. di sekeliling pantai terdapat perbukitan yang membuat kesan alamnya begitu kuat. ditambah lagi dengan volume pengunjung yang tidak terlalu ramai serta tidak adanya warung penjual makanan. membuat pantai ini benar-benar tempat tepat untuk sejeka lari dari kepenatan

dengan segala kemengagumkanan yang ditawarkan mawun, akses untuk kesana juga butuh usaha. anda harus rela melewati jalanan yang berkelok-kelok plus beberapa lubang yang terdapat di sepanjang jalan. namun, hal itu akan terbayar lunas saat anda tiba di pantai mengagumkan ini. mau tahu kemengagumkanan mawun?

di pantai mawun ada beberapa aktivitas yang dapat dilsayakan. dari sekadar berbaring mandi matahari, berenang, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai. khusus untuk berenang, sebaiknya berhati-hati apajikalau melsayakannya di tengah pantai, alcita-citannya merupakan topografi dcita-citar laut dari daratan pantai k tengah laut lumayan curam. selain itu, pantai ini tidak ada petugas penyelamat mirip yang bicita-cita kita lihat di film baywatch.

jikalau ingin melsayakan aktivitas yang sedikit berbeda cobalah mendaki bukit yang ada di kedua ujung pantai. dari sana kita mampu melihat panorama mengagumkan samudera hindia, bebukitan dan pantai yang berkelok-kelok.

saran bagi para (calon) pengunjung yang mengunjungi pantai ini, pilihlah pantai bagian timur dan barat karena selain bersih, kedua pantai tersebut landai dan tidak terlalu berombak.